Kamis, 22 Agustus 2013

media pembelajaran ,,lumayan juara 2 nih sob,,



MEDIA PEMBELAJARAN 3D
TATA SURYA
OLEH :
M. FAHLIADI
SITI MAHMUDAH
SUHARTINAH

 KELAS IC

Kementerian Pendidikan Nasional
Universitas Lambung mangkurat
Fakultas keguruan dan Ilmu Pendididkan 
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Banjar baru 2012




                                                                                                             


TATA SURYA
       Media 3D yang kami buat ini adalah sebuah tiruan dari tata surya, yang terdiri dari matahari dan planet-planet. Kami menggunakan konsep media diorama untuk menampilkan kenampakan tata surya. Media ini dapat digunakan untuk kelas 6 SD, dalam mata pelajaran IPA tentang tata surya
a.       Tujuan dan Manfaat media
       Media ini dapat membantu pembelajaran pada mata pelajaran  IPA tentang Tata Surya. Dengan adanya media 3D ini dapat membantu kita untuk menjelaskan kepada peserta didik bagaimana susunan tata surya tersebut. Kita dapat mengajak peserta didik seakan-akan berada dalam tata surya untuk mengamati dan mengatur jalannya tata surya. Dengan demikian peserta didik dapat lebih mudah untuk memahami tata surya yang terdiri dari matahari dan planet-planet. Mereka dapat mengetahui matahari yang dikelilingi oleh 8 planet yang terdiri dari, merkurius, venus, bumi, mars, yupiter ,saturnus, uranus dan neptunus. Dimana planet -planet tersebut terus berputar mengelilingi matahari tanpa mengalami benturan karena mereka memiliki lintasan tersendiri untuk mengelilingi matahari.

b.      Alat
1.      Gunting
2.      tang
3.      Silet atau cuter
4.      Lem kertas
5.      Lem kuat
6.      Plester
7.      Plester bolak-balik
8.      Pulpen
9.      Crayon
10.  Palu atau batu
c.       Bahan
1.      Botol plastik kemasan air minum
2.      Gelas plastik kemasan air minum
3.      Tutup botol plastik kemasan air minum
4.      Kertas minyak aneka warna 
5.      Kertas minyak warna putih
6.      Benang
7.      Kertas warna
8.      Kawat kecil
9.      Kayu
10.  Paku
11.  bola lampu kecil
12.  baterai
13.  kabel
14.  gabus
d.      Cara pembuatan
1.      Untuk membuat bola-bola  planet, Iris atau potong melintang botol plastik ukuran besar dan sedang agar menjadi beberapa potongan lingkaran dengan lebar 1cm atau lebih.
2.      Untuk cincin planet saturnus gunakan 2 -3 mulut atau lingkaran keras pada kemasan gelas air minum gabungkan dengan plester agar cincinnya lebar sekitar 1cm.
3.      Setiap planet terdiri dari 4 lingkaran potongan botol plastik, kecuali planet merkurius dan mars yang hanyaterdiri dari 3 lingkaran.
4.      Untuk  planet merkurius,venus, bumi dan mars. Potong lingkaran untuk menyesuaikan ukuran planet, kemudian sambungkan kembali menggunakan lem atau plester bolak-balik.
5.      Untuk yupiter gunakan potongan lingkaran plastik ukuran besar, dan untuk saturnus, Uranus, gunakan potongan lingkatan ukuran sedang. Tanpa harus memotong lagi.
6.      Pisahkan lingkaran-lingkaran sesuai ukurannya.
7.      Tentukan warna untuk setiap planet. Apabila kertas warna tidak mencukupi untuk 8 planet, maka kita dapat mewarnai kertas minyak warna putih dengan krayon.
8.      Gunting memanjang kertas minyak warna dengan lebar 1cm atau lebih,
9.      Lilitkan kertas minyak pada lingkaran-lingkaran botol plastik , sampai permukaannya tertutup.
10.   Silangkan masing-masing lingkaran yang sudah dilapisi kertas minyak warna agar membentuk bola-bola planet. Lem bagian atas dan bawah bola agar merekat kuat.
11.  Tuliskan nama-nama planet pada kertas warna secara bolak-balik.
12.  Ikatkan benang pada bagian atas planet sebagai penggantungnya, kemudian tempelkan nama planet pada bagian ikatan benang tersebut.
13.  Untuk membuat matahari, gunakan 2 kemasan botol air minum ukuran sedang. Potong botol secara melintang menjadi 2 bagian, ambil bagian atasnya.
14.  Kemudian potong membujur 2 botol plastik bagian atas tersebut, dari bawah sampai mendekati bagian tutup botol dengan lebar 1-2cm atau lebih.
15.  Satukan kedua botol itu dari bagian bawah dengan plester bolak balik, agar membentuk bola matahari . Dan ada 2 lingkaran mulut botol atas dan bawah untuk memasukkan tiang penyangga.
16.  Lilitkan kertas minyak warna kuning pada potongan –potongan plastik bola matahari.
17.  Sediakan kayu bekas sebagai tiang penyangga dengan diameter kecil yang sesuai dengan mulut botol pada bola matahari, dan tinggi lebih dari 30cm, bungkus dengan kertas minyak, berikan penyangga dasar sebagai kakinya pada bagian bawah agar tiang peyangga tidak goyang. Lalu masukkan bola matahari ke dalam tiang tersebut.
18.  Masukkan atau ikat d tiang penyangga bola lampu ke dalam bola matahari agar matahari tersebut terliat seakan-akan mengeluarkan cahaya
19.  Potong kawat menjadi 8 bagian dengan panjang yang berbeda-beda dari yang terpanjang sampai terpendek, tetapi berurutan sesuaikan dengan letak planet dari yang terjauh sampai terdekat.
20.  Buat kepingan-kepingan dari tutup botol, sebagai pemisah setiap ujung kawat, agar kawat dapat berputar pada lintasan masing-masing.
21.  Buat lingkaran kecil pada bagian ujung kawat kemudian masukkan kedalam paku tetapi selang-seling dengan kepingan tutup botol.
22.  Tancapkan kepingan tutup botol  pada paku kemudian lilitkan kawat pada paku begitu seterusnya sampai 8 bilah kawat.
23.  Setelah semua kawat di masukkan kedalam paku kemudian tancapkan  paku yang sudah lengkap dengan kepingan tutup botol pada tiang penyangga. Agar lebih seimbang gunakan alas gabus berbentuk persegi, letakkan kaki tiang penyangga pada gabus lalu beri lem atau dipalu dengan paku supaya lebih kuat dan seimbang.
24.  Terakhir, gantungkan bola-bola planet disetiap ujung kawat.
e.       Cara penggunaan
Langkah petama untuk pengunanaan media ini adalah dengan  menyalakann lampu yang sudah dipasangkan pada bola matahari sambungkan kabel pada batrae agar matahari terlihat mengeluarkan cahaya.
Langkah kedua adalah dengan memutar satu persatu kawat mengelilingi matahari dengan cara mememutar kawat pada media ini kita akan mengetahui bahwa planet tidak akan bertabrakan karena semua planet memepunyai lintasannya tersendiri.
Langkah ketiga adalah letakkan semua planet dalam satu garis lurus agar terlihat bahwa planet mempunyai ukuran dan jarak masing-masing dengan matahari.